4 Cara Detoksifikasi Tubuh Agar Pencernaan Sehat dan Berat Badan Ideal

Redaksi | 26 Juli 2021 | 18:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pernahkah disadari bagaimana pola makan Anda selama ini? Apakah lebih banyak makan makanan sehat dan bergizi atau justru makanan siap saji yang tidak sehat? 

Dengan pilihan makanan yang kamu konsumsi akan mempengaruhi kondisi pencernaan. Bahkan, seringkali kita tidak menyadari sudah banyak racun yang masuk ke dalam tubuh sehingga pencernaan pun kotor.

Dampak dari sistem pencernaan yang kotor bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti diare, sembelit, mual, maag dan gerd. 

Oleh karena itu, dibutuhkan diet detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari racun dan usus yang kotor. Apa saja? Berikut diantaranya :

Perbanyak Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia umum lagi jika air putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain sebagai kebutuhan harian tubuh manusia, air putih juga sangat baik untuk kesehatan ginjal, paru-paru, jantung, dan sistem pencernaan. 

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh menjadi salah satu penyebab sembelit. Saat mengalami dehidrasi, usus besar menyerap air yang menyebabkan feses menjadi keras dan kering. Jadi, sebaiknya konsumsi 8 gelas air dalam sehari. 

Konsumsi Buah dan Sayur

Tubuh juga membutuhkan serat alami. Serat bisa didapatkan dari buah dan sayuran hijau. Dalam sehari setidaknya butuh 25-50 gram dalam sehari. Serat berfungsi untuk melunakkan feses yang merupakan sisa pembakaran makanan yang bercampur dengan kuman dan bakteri dalam tubuh. Sehingga, ketika BAB lancar, usus atau pencernaan pun akan bersih. 

Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat mempengaruhi kerja sistem pencernaan tubuh. Stres juga bisa mengganggu dinding pembatas usus yang melindungi tubuh dari bakteri. Serangan bakteri secara terus-menerus bisa menyebabkan peradangan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, mengelola stres dengan baik sangat dibutuhkan. 

Konsumsi Serat Tambahan

Tak hanya sayur dan buah, serat juga bisa didapatkan darimana saja. Sebagai rekomendasi, serat tambahan untuk tubuh juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi MS Slim (fiber drink). Minuman ini mengandung black plum, fiber alami, dan green coffee, yang baik dikonsumsi dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum makan. 

Vania Prima Damara, Digital Marketing MS Slim mengatakan produk fiber drink ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya karena terbuat dari bahan alami yang baik untuk tubuh. 

"Minuman ini tidak membuat perut melilit, tapi mampu melancarkan pencernaan. MS Slim (fiber drink) juga baik untuk detoks tubuh, menahan nafsu makan yang berlebih, dan meningkatkan metabolisme tubuh," jelas Vania. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait